Selasa, 27 Desember 2016

KEAMANAN JARINGAN - FIREWALL


Keamanan Jaringan - Firewall

1.      Latar Belakang

Pada umumnya orang-orang ingin melindungi aset berharga atau infromasi-informasi penting agar terhindar dari pencurian data yang biasanya dilakukan oleh para hacker-hacker yang tidak bertanggung jawab. Data itu bisa kita lindungi dengan menggunakan firewall, yang akan kita bahas.  

2.     
Pembahasan
a.       Pengertian
Firewall adalah sistem atau perangkat yang mampu melakukan proses monitor dan juga kontrol dari lalu lintas jaringan komputer baik itu data yang masuk atau data jaringan yang keluar.
b.      Jenis
·         Packet Filtering Layer Gateway
·         Application Layer Gateway
·         Circuit Layer Gateway
·         Statefull Multi Layer Inspection Gateway
c.       Fungsi
                                                        i.            Modifikasi header paket (untuk memodifikasi kualitas layanan bit paket TCP sebelum mengalami proses routing)
                                                      ii.            Transalasi pada alamat jaringan yang dapat terjadi translasi satu ke satu pada translasi yaitu satu alamat ip private yang dipetakan kesatu alamat ip publik atau translasi banyak.
                                                    iii.            Filter paket yaitu untuk memilih dan menentukan paket yang dapat diteruskan atau tidak.

3.      Penutup
a)      Kesimpulan
Jadi Firewall bisa diartikan sebagai atau perangkat yang mampu melakukan proses monitor dan juga kontrol dari lalu lintas jaringan komputer baik itu data yang masuk atau data jaringan yang keluar.
b)      Saran
Untuk memahami lebih jelasnya alangkah lebih baiknya jika kita mencari di buku-buku yang terpercaya atau melakukan praktikum mandiri.


Plagiarism

Referensi: Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar