Selasa, 08 November 2016

Keamanan Jaringan - Sniffing


Keamanan Jaringan Sniffing

1.      Latar Belakang

Di tahun yang modern seperti sekarang ini banyak hal mudah yang dapat dilakukan yang di zaman dulu sangat sulit dilakukan atau mungkin tidak semudah sekarang misalnya dalam contoh membeli pakaian, kebanyakan sekarang kita tidak perlu repot-repot pergi ke mall hanya untuk membeli baju sekarang kita bisa membelinya online, begitu pula dengan belajar. Dulu kebanyakan orang belajar bersumber pada buku, tapi sekarang kita hanya perlu mencari bahan pelajaran di internet. Ya, sekarang internet sangat mempengaruhi sekali hidup manusia. Manusia tidak bisa lepas dari internet, banyak orang yang rela memasang jaringan internet di rumahnya hanya karena ingin lebih mudah. Bila kita sudah memasang internet tentu orang akan selalu memasang password dan username agar orang lain tidak bisa memakai internet kita seenaknya. Tapi ada saja orang/para hacker yang bisa membobolnya salah satunya menggunakan teknik SNIFFING yang akan kita bahas sekarang.

2.     

Pembahasan

Sniffing yaitu tindakan penyadapan (mencuri/membobol) yang dilakukan dalam jaringan yang mempunyai tujuan untuk mencuri data-data pribadi atau account yang sifatnya private. Karena data yang mengalir itu sifatnya bolak-balik, maka dengan proses sniffing dapat menangkap paket yang dikirimkan dan terkadang menguraikan isi dari RFC (Request for Comment)

Sniffing juga dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

a.       Passive Sniffing
Passive Sniffing yaitu penyadapan yang dilakukan tanpa merubah isi data atau paket yang dikirimkan pada jaringan. Passive Sniffing biasanya dilakukan pada Hub
b.      Active Sniffing
Active Sniffing yaitu kegiatan sniffing yang dilakukan dengan cara mengubah isi paket data dalam jaringan agar bisa melakukan sniffing. Active sniffing biasanya dilakukan pada switch.
            Kerugian yang bisa ditimbulkan dari adanya sniffing.
·         Privacy user terganggu
·         Informasi penting dapat dicuri/hilang

3.      Penutup
a)      Kesimpulan
Jadi dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa sniffing adalah teknik penyadapan yang dilakukan pada orang lain yang bersifat privacy.
b)      Saran
Untuk memahami lebih lanjut tentang Keamanan Jaringan Sniffing alangkah lebih baiknya anda mempelajarinya di buku-buku yang terpercaya.


Link Github:Github


Scan Plagiarism: 


Posting by Siti Ulfah Naziah, 1144073, D4TI3C











Tidak ada komentar:

Posting Komentar