Selasa, 03 Januari 2017

KEAMANAN JARINGAN - INSTALL SNORT DI CentOS


Keamanan Jaringan – Install Centos

1.      Latar Belakang
CentOS merupakan sistem operasi gratis. Community ENTerprise Operating System yang biasa disingkat menjadi CentOS yang merupakan proyek independen yang bertujuan untuk menyediakan distribusi GNU/Linux yang stabil untuk institusi dan perseorangan yang tidak memerlukan support untuk menjalankan sistem yang mereka miliki.
Snort sama halnya dengan CentOs, sama-sama aplikasi yang bersifat open source yaitu gratis. Snort merupakan sebuah software yang sangat berguna untuk mengamati aktivitas dalam suatu jaringan komputer.

2.     
Pembahasan

Installasi Snort di CentOs:

Pertama-tama pastikan paket yang kita butuhkan telah disiapkan
Libpcap
Daq
Libdnet

Pertama install pcap
Tar xvzf libpcap-1.1.1.tar.gz
Cd libpcap-1.1.1
./configure –prefix=/usr/local
make
make install

Selanjutnya install paket daq, sebelumnya copykan dulu libary pcap ke /usr/lib
cp/usr/local/lib/libpcap.a /usr/lib/
tar xvzf daq-0.5.tar.gz
cd daq-0.5
./configure –prefix=/usr/local
make
make install

Selanjutnya install paket dnet

Dan terakhir install snortnya

tar xvzf snort-2.9.0.4.tar.gz
cd snort-2.9.0.4
./configure --prefix=/usr/local/ --sysconfdir=/usr/local/etc/ --sbindir=/usr/local/sbin/ --with-mysql --with-libpcap-libraries=/usr/lib/libpcap1/lib/ --enable-dynamicplugin --enable-build-dynamic-examples --with-dnet-libraries=/usr/lib/ --with-daq-libraries=/usr/lib/daq/ --with-daq-includes=/usr/include/ --enable-ipv6 --enable-gre --enable-mpls --enable-targetbased --enable-decoder-preprocessor-rules --enable-ppm --enable-perfprofiling --enable-zlib --enable-active-response --enable-normalizer --enable-reload --enable-react --enable-flexresp3

3.      Penutup
a)      Kesimpulan
Jadi bisa diartikan bahwa snort adalah aplikasi open source dan juga sangat berguna untuk mengamati aktivitas di jaringan komputer.

b)      Saran
Untuk memahami lebih jelasnya alangkah lebih baiknya jika kita mencari di buku-buku yang terpercaya atau melakukan praktikum mandiri.


Plagiarism


Tidak ada komentar:

Posting Komentar