Selasa, 10 Januari 2017

KEAMANAN JARINGAN - NIDS & HIPS


Keamanan Jaringan – NIDS & HIPS

1.      Latar Belakang
Semakin majunya teknologi internet, ada beberapa masalah juga yang timbul yang bisa berupa ancaman atau serangan dari internet. Untuk mencegah hal itu, salah satunya dicegah dengan IDS (Intrution Detection System) dan IPS (Intrusion Prevention System).

2.     
Pembahasan

·         Intrusion Detection System (IDS) atau Sistem Pendeteksi Intrusi adalah sistem yang mengawasi lalu lintas jaringan terhadap tindakan yang mencurigakan pada suatu host atau jaringan. Jadi, setiap packet yang melalui jaringan akan dicek terlebih dahulu oleh IDS apakah packet tersebut termasuk kategori ancaman atau tidak. 

·           IPS atau sistem pencegah intrusi merupakan IDS yang dikombinasikan dengan firewall. Jadi, apabila terdeteksi adanya serangan, IPS akan memerintahkan firewall untuk segera memblokir koneksi tersebut sebelum masuk ke jaringan. Dengan kata lain, IPS adalah IDS yang dilengkapi kemampuan firewall.

IDS terbagi menjadi dua jenis:
a)      Network-based Intrusion Detection System (NIDS)
b)      Host-based Intrusion Detection System (HIDS)

IPS terbagi menjadi dua jenis:
a)      Host-based Intrusion Prevention System.
b)      Network Intrusion Prevention System.

3.      Penutup
a)      Kesimpulan
IDS atau Intrusion Detection System yaitu sebuah aplikasi perangkat lunak atau perangkat keras yang dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan.
b)      Saran
Untuk memahami lebih jelasnya alangkah lebih baiknya jika kita mencari di buku-buku yang terpercaya atau melakukan praktikum mandiri.


Plagiarism:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar