Selasa, 18 Oktober 2016

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS - DATA VEKTOR DAN DATA RASTER (PERTEMUAN-2)



1.      Latar Belakang
Sistem Informasi Geografis yaitu  sistem yang terdiri dari bermacam komponen yang tidak dapat berdiri sendiri. Memiliki perangkat keras komputer dan perangkat lunaknya belum berarti kita menguasai SIG apabila data geografis dan sumber daya manusia yang menjalankannya belum ada. Maka dari itu, ada beberapa bagian lagi dari Sistem Informasi Geografis seperti Data Spasial.
Data Spasial bisa juga diartikan dengan Informasi tentang lokasi dan bentuk dari fitur geografi termasuk didalamnya hubungan antar fitur serta deskripsi dari fitur geografis itu.  Dalam Sistem Informasi Geografis, Data Spasial terbagi menjadi dua yaitu:
·         Data Vektor
·         Data Raster

2.     

Pembahasan

a)      Vektor

Data spasial yang berbasis pada sistem koordinat yang umum digunakan untuk menyajikan peta yang bisa kita refresentasikan dengan Points (Titik), Lines (Garis) dan Polygons (Poligon/area). Keuntungan utama yang bisa kita dapat dari data vektor yaitu ketetapan dalam mempresentasikan fitur titik, batasan dan garis lurus. Hal ini tentu berguna untuk analisa yang membutuhkan ketepatan posisi.


a)      Data Raster
Data atau objek data spasial yang disajikan secara sekuensial pada kolom dan baris dalam bentuk sel-sel yang yang sering lebih dikenal dengan piksel. Pada data raster, resolusi tergantung pada ukuran pixelnya. Dengan kata lain, resolusi pixel menggambarkan ukuran sebenarnya dipermukaan bumi yang diwakili oleh setiap pixel pada citra. Semakin kecil ukuran permukaan bumi yang dipresentasikan oleh satu sel, semakin tinggi resolusinya.


1.      Penutup
a.       Kesimpulan
Data Vektor sangat berguna untuk ketetapan dalam mempresentasikan fitur titik, batasan dan garis lurus. Hal ini tentu berguna untuk analisa yang membutuhkan ketepatan posisi. Sedangkan data Raster sangat berguna untuk mempresentasikan batas-batas yang berubah secara gradual, seperti jenis tanah, kelembapan tanah, vegetasi, suhu tanah dan lain sebagainya.
b.      Saran

Untuk memahami lebih lanjut lagi tentang data spasial, data vektor dan data rester alangkah lebih baiknya anda mempelajarinya di buku-buku sumber yang terpercaya.


                            https://drive.google.com/open?id=0B1cywxUAoAPObFQ4WXdXNWR0Z3M

Referensi: Wikipedia

Posting By : Siti Ulfah Naziah, 1144073, D4TI3C



Tidak ada komentar:

Posting Komentar